Saturday, September 11, 2010

Adhoc untuk Sharing Internet Akses


Bagaimana caranya agar 2 laptop bisas sharing internet akses? Jika salah satu laptop bisa koneksi dengan internet, entah dari GSM atau speedy, laptop lain juga bisa mengakses internet pada laptop pertama. mungkin sebenernya dengan menggunakan kabel UTP dan RJ 45 bisa dilakukan seperti pada posting sebelumnya "koneksikan 2 netbook", kalau itu untuk transfer data besar dan tentunya bisa lebih cepat data transfernya menggunakan kabel karena UTP sendiri mampu memberikan banwitch 10Mbps-100Mbps. Kalau hanya sekedar digunakan untuk sharing internet akes menggunakan wireless pada laptop sudah bisa dilakukan. salah satu caranya dengan membuat network adhoc.

Langkah cepatnya:

1. Pada Laptop A, buat network model adhoc, dan aktifkan sharing internet akses. Jendela ini akan muncul otomatis setelah membuat network adhoc pada windows seven(untuk OS yang lain saya belum nyoba)

2. Pada Laptop B, aktifkan wireless dan konekkan dengan network adhoc yang telah dibuat.

ada juga cara yang lebih mudah yaitu dengan menginstal aplikasi Conectify . Ini merupakan aplikasi untuk membuat hotspot menggunakan laptop dengan mudah. karena hanya tinggal memberi nama SSID, password dan pilihan coneksi internet yang mau dishare.
lebih jelasnya ikuti langkah berikut:
1. Download aplikasinya di sini
2. Instal aplikasi conectify tersebut
3. hidupkan wirelless server dan client
4. jalankan dan buat network hotspot dengan mengisi
wifi name, password dan internet.
5. start hotspot
6. laptop client conekkan dengan server
7. selesai

segitu saja, mudah dan simpel kan. selamat mencoba..
semoga bermanfaat. :)

No comments:

Post a Comment